5 Cara Menurunkan Panas Anak dan Rekomendasi Obat Demam Alami - Cussons Baby Indonesia

5 Cara Menurunkan Panas Anak dan Rekomendasi Obat Demam Alami

Demam pada anak adalah salah satu kondisi yang paling sering membuat orang tua panik. Tapi, Bunda sebenarnya tidak perlu panik sebab kondisi ini merupakan reaksi alami tubuh terhadap sesuatu yang tidak beres di dalamnya.

Yuk, cari tahu selengkapnya di bawah ini!

5 Penyebab Anak Demam

Berikut adalah 5 penyebab umum anak demam yang wajib diketahui:

1. Infeksi Virus atau Bakteri

Infeksi oleh virus atau bakteri adalah penyebab umum demam pada anak-anak. Contoh infeksi tersebut termasuk flu, pilek, infeksi telinga, strep throat, dan lain-lain.

2. Imunisasi

Sebagai reaksi alami tubuh terhadap vaksin, anak-anak dapat mengalami demam ringan setelah imunisasi. Hal ini biasanya bersifat sementara dan membaik dengan sendirinya dalam beberapa hari.

3. Overheating atau Kelebihan Panas

Anak-anak, terutama bayi, sangat sensitif terhadap suhu lingkungan. Jika mereka terlalu hangat—baik karena pakaian yang terlalu tebal maupun lingkungan yang terlalu panas—demam bisa terjadi.

4. Infeksi Saluran Kemih

Meski jarang terjadi, infeksi saluran kemih juga dapat menyebabkan demam pada anak, terutama pada bayi dan balita yang masih menggunakan popok. Ini sebabnya penting untuk mengganti popok secara teratur.

5. Kondisi Medis Lain

Beberapa kondisi medis lainnya, seperti radang tenggorokan, pneumonia, infeksi telinga, dan lain-lain juga dapat menyebabkan demam pada anak.

 

Baca Juga: Dengue Fever, Kenali Gejalanya Pada Bayi

 

3 Cara Merawat Anak Demam

Walaupun demam merupakan gejala alami dari proses pertahanan tubuh, tetaplah penting untuk merawat dan memantau kondisi anak yang demam. Berikut ini beberapa cara merawat anak yang demam:

1. Memberi Air Putih

Anak yang demam perlu banyak minum untuk mencegah dehidrasi dan membantu mendinginkan tubuh.

2. Memantau Suhu Tubuh

Gunakan termometer untuk memantau suhu tubuh anak. Waktu terbaik untuk mengukur suhu adalah sebelum pemberian obat penurun panas.

3. Istirahat yang Cukup

Istirahat adalah salah satu cara terbaik untuk membantu tubuh pulih. Jadi, pastikan si Kecil mendapatkan istirahat yang cukup.

 

Baca juga: Pentingnya Pendidikan Kesehatan pada Anak

 

5 Cara Menurunkan Panas Anak

Demam dapat membuat anak merasa tidak nyaman dan sulit tidur. Berikut adalah lima cara yang bisa dilakukan untuk meredakan demam:

1. Beristirahat

Ajak anak untuk beristirahat dan tidur selama mereka merasa perlu. Berbaring di tempat yang nyaman dan sejuk dapat membantu meredakan demam.

2. Penuhi Cairan Tubuhnya

Pastikan anak mendapatkan banyak air minum untuk menggantikan cairan yang hilang akibat demam dan mencegah dehidrasi.

3. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Anak yang demam sebaiknya menggunakan pakaian berbahan lembut dan nyaman. Pakaian tebal dan panas hanya akan menaikkan suhu tubuh mereka.

4. Obat Penurun Demam

Beberapa obat penurun demam seperti paracetamol dan ibuprofen bisa membantu menurunkan suhu tubuh anak. Pastikan memberikan dosis yang tepat sesuai anjuran dokter atau petunjuk pada kemasan.

5. Kompres Hangat

Kompres dengan air hangat bisa membantu menurunkan suhu tubuh dari luar. Hindari menggunakan air dingin atau alkohol karena bisa membuat anak merasa lebih tidak nyaman.

 

Rekomendasi Obat Berbahan Alami untuk Bantu Turunkan Demam Anak

Berikut beberapa rekomendasi obat berbahan alami yang bisa membantu menurunkan demam pada anak:

  • Lemon dan Madu

Menambahkan madu ke dalam segelas kecil jus lemon atau jeruk dapat membantu mengurangi demam pada anak. Lemon dan madu memiliki sifat antiviral dan antibakteri yang bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

  • Jahe

Jahe merupakan rempah yang telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk berbagai kondisi, termasuk demam. Kandungan antibakteri dalam jahe bisa membantu meredakan demam, flu, batuk, atau mual.

  • Kunyit

Kunyit telah digunakan sebagai bahan alami dalam perawatan kesehatan sejak zaman dahulu. Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan bisa membantu meredakan demam.

Terakhir, selama proses penyembuhan, Bunda bisa mengusapkan minyak telon Cussons Baby Minyak Telon Plus ke seluruh badan si Kecil. Ada berbagai manfaat lebih yang bisa didapatkan dengan Cussons Baby Minyak Telon Plus, di antaranya:

  1. Formula dan tekstur Cussons Baby Minyak Telon Plus lembut untuk dibalurkan ke kulit bayi, sehingga cocok untuk pijat tanpa meninggalkan sensasi lengket di kulit.
  2. Cussons Baby Minyak Telon Plus punya hangat yang pas sebab tidak terlalu panas, tapi tetap memberikan kenyamanan dan kehangatan untuk membantu meredakan gejala masuk angin dan perut kembung pada bayi.
  3. Minyak telon plus ini menawarkan aroma telon yang khas dan memberikan kenyamanan serta wangi khas bayi.
  4. Cussons Baby Minyak Telon Plus juga memberikan perlindungan dari gigitan nyamuk hingga 8 jam, sehingga bayi nyaman dan tidak rewel.

Yuk, gunakan Cussons Baby Minyak Telon Plus untuk si Kecil!

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini: